PPID SKPD Lombok Barat Diminta Ajukan Dana Operasional

Mataram, Dishubkominfo – Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) SKPD se Kabupaten Lombok Barat diminta untuk mengajukan dana operasional dalam APBD Tahun 2016. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Lombok Barat H. Akhmad Saikhu  dalam acara Workshop PPID Kabupaten Lombok Barat Tahun 2015 di Hotel Lombok Raya Mataram (10/9).

“Kami minta untuk semua PPID SKPD agar mengajukan dana operasional pada APD Tahun 2016”, ungkapnya.

Dikatakan dana tersebut sangat penting karena agar roda organisasi PPID di masing-masing SKPD dapat berjalan. “Tentu bagi PPID SKPD yang belum ada dana operasional, sedangkan yang sudah ada dapat juga meningkatkan sesuai kebutuhannya”, jelasnya.

bbm__1441887667749.Akhmad Saikhu selaku Ketua PPID Utama Kabupaten Lombok Barat menjelaskan pengajuan anggaran PPID SKPD setelah melakukan koordinasi dengan SKPD terkait dalam hal ini Bappeda selaku perencana daerah. Dengan demikian kegiatan PPID SKPD akan dapat melaksanakan pelayanan informasi kepada pemohon informasi.

Peningkatan pelayanan informasi publik merupakan perwujudan dan komitmen Pemerintah Lombok Barat mengapresiasi kegiatan keterbukaan informasi publik dengan telah membentuk PPID utama, PPID Pembantu dan PPID UPT yang saat ini sedang berjalan. Disamping itu Lombok Barat menjadi berada di zona hijau dalam Aksi Daerah Penanggulangan dan Pemberantasan Korupsi.

Pelayanan informasi publik harus terus dilakukan dengan cara yang mudah, murah dan akuntabel.

Untuk itulah peningkatan kapasitas petugas PPID terus ditingkatkan terutama kemampuan mengolah informasi public. PPID harus terus menerus menyiapkan Daftar Informasi  Publik (DIP), harus terus menerus di Update walaupun ada tidaknya pemohon informasi. Tugas meng update DIP ini menjadi penting sebagai salah satu cara memudahkan, mempercepat mengakses informasi oleh pemohon.

Sementara itu Ketua Panitia Drs Rasidi dalam laporannya mengatakan Workshop PPID Kabupaten Lombok Barat Tahun 2015 diikuti oleh 50 orang peserta dari PPID SKPD se Lombok Barat. Workshop tersebut membahas tentang Daftar Informasi Publik sebagai pedoman untuk pelayanan informasi publik sesuai dengan kalasifikasi informasi yang bersifat berkala, serta merda, stiap saat dan inforamsi yang dikecualikan. Narasumber pemateri disampaikan oleh Kepala Sektretariat PPID Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Rasidi yang juga selaku Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dishubkominfo Lombok Barat ini menjelaskan tujuan di adakan workshop ini untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada petugas PPID dalam menyiapkan Informasi Publik yang dikuasi oleh masing-masing PPID SKPD. Dengan demikian informasi publik dapat diumumkan di media website sehingga masyarakat dapat mengakses dengan mudah, murah dan cepat.

Pejabat anggota Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Lombok Barat menyediakan akses informasi publik bagi pemohon informasi sebagai salah satu wujud pelaksanaan keterbukaan informasi publik.

Link Terkait