Pelayanan Informasi

Untuk memenuhi dan melayani permintaan dan kebutuhan pemohon/pengguna informasi publik, PPID Kabupaten Lombok Barat melalui meja layanan informasi publik, memberikan layanan langsung dan layanan melalui media cetak dan elektronik:
a. Layanan informasi secara langsung, yaitu layanan informasi publik yang dikategorikan wajib tersedia setiap saat, dengan mekanisme pelayanan sebagai berikut:

  • Pemohon informasi datang ke meja layanan informasi dan mengisi formulir permohonan informasi dengan melampirkan fotocopy identitas pemohon dan pengguna informasi. Formulir permohon informasi terdapat pada lampiran I keputusan ini.
  • Petugas memberikan tanda bukti penerimaan permohonan informasi publik kepada pemohon informasi publik. Formulir tanda bukti penerimaan permohonan informasi terdapat pada lampiran II keputusan ini.
  • Petugas memproses permintaan pemohon informasi publik sesuai dengan formulir permohonan informasi publik yang telah ditandatangani oleh pemohon informasi publik.
  • Petugas memenuhi permintaan informasi sesuai dengan yang diminta oleh pemohon/pengguna informasi. Apabila informasi yang diminta masuk dalam kategori dikecualikan, PPID Kabupaten Lombok Barat menyampaikan alasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan yang berlaku.
  • Petugas memberikan Tanda Bukti Penyerahan Informasi Publik kepada Pengguna Informasi Publik. Form Tanda Bukti Penyerahan informasi Publik terdapat pada lampiran III keputusan ini.
b. Layanan informasi melalui media baik online maupun cetak, yaitu  informasi publik yang tersedia dan diumumkan secara berkala dilayani melalui website resmi Pemerintah Kabupaten Lombok Barat www.lombokbaratkab.go.id dan atau website Dinas Perhubungan
Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lombok Barat dan atau website PPID Kabupaten Lombok Barat, dan media cetak yang tersedia.
a) Pemohon informasi datang ke Meja layanan informasi dan mengisi formulir permohonan informasi dengan melampirkan fotocopy
identitas pemohon dan pengguna informasi. Formulir Permohonan Informasi Publik terdapat pada lampiran I keputusan ini.
b) Petugas memberikan tanda bukti penerimaan permohonan informasi publik kepada pemohon informasi publik. Form Tanda bukti
penerimaan permohonan informasi publik terdapat pada lampiran I keputusan ini.
c) Petugas memproses permintaan pemohon informasi publik sesuai dengan formulir permintaan informasi publik yang telah
ditandatangani oleh pemohon informasi publik.
d) Petugas memenuhi permintaan informasi sesuai dengan yang diminta oleh pemohon/pengguna informasi. Apabila informasi yang diminta masuk dalam kategori dikecualikan, PPID Kabupaten Lombok Barat menyampaikan alasan sesuai dengan ketentuan peraturan
perundangan yang berlaku.
e) Petugas memberikan tanda bukti penyerahan informasi publik kepada pengguna informasi publik. form tanda bukti penyerahan informasi terdapat pada lampiran III keputusan ini.
Untuk memenuhi dan melayani permintaan dan kebutuhan pemohon/pengguna informasi publik, PPID Kabupaten Lombok Barat
melalui meja layanan informasi publik, memberikan layanan langsung dan layanan melalui media cetak dan elektronik.

c. Alur Kerja Pelayanan Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat divisualkan dalam diagram alur sebagai berikut:

Pejabat anggota Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Lombok Barat menyediakan akses informasi publik bagi pemohon informasi sebagai salah satu wujud pelaksanaan keterbukaan informasi publik.

Link Terkait