HAK DAN KEWAJIBAN PEMOHON ATAU PENGGUNA INFORMASI PUBLIK DI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Pada pasal 4 UU Keterbukaan Informasi Publik nomor 14 Tahun 2008 mengatur Hak Pemohon Informasi Publik sebagai berikut :

1.          Setiap Orang berhak mem peroleh Informasi Publik sesuai dengan ketentuan Undang Undang ini.

2.          Setiap Orang berhak:

a.       melihat dan m engetahui Inform asi Publik;

b.      menghadiri pertem uan publik yang terbuka untuk um um untuk m em peroleh Informasi Publik;

c.       mendapatkan salinan Inform asi Publik m elalui perm ohonan sesuai dengan Undang- Undang ini; dan/ atau

d.      m enyebarluaskan I nform asi Publik sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

3.          Setiap Pemohon Informasi Publik berhak mengajukan permintaanInformasi Publik disertai alasan permintaan tersebut.

4.          Setiap Pemohon Informasi Publik berhak mengajukan gugatan kepengadilan apabila dalam memperoleh Informasi Publik mendapathambatan atau kegagalan sesuai dengan ketentuan Undang Undang ini.

Adapun Kewajiban Pengguna Informasi Publik adalah sebagaimana pasal 5 berikut ini :

1.          Pengguna Informasi Publik wajib menggunakan Informasi Publik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

2.          Pengguna Informasi Publik wajib mencantumkan sumber dari mana ia memperoleh Informasi Publik, baik yang digunakan untuk kepentingan sendiri maupun untuk keperluan publikasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sementara tata cara memperoleh informasi publik pada PPID Kabupaten Lombok Barat adalah sesuai dengan SK Sekda atau Atasan PPID No. 33/1651/Dishubkominfo/2013 tentang SOP PPID Kabupaten Lombok Barat adalah sebagai berikut :

STANDAR OPERASIONAL PELAYANAN INFORMASI PUBLIK

Setiap penyelenggara pelayanan informasi publik wajib memiliki standar pelayanan yang berkaitan dengan prosedur dan waktu sebagai ukuran baku untuk penyelenggaraan pelayanan publik dan wajib ditaati oleh pemberi dan penerima pelayanan informasi.

Adapun standar pelayanan informasi publik Lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Barat sebagai berikut:

A.         Operasional Pelayanan Informasi Publik

Untuk melaksanakan tugas pelayanan informasi publik PPID Kabupaten Lombok Barat

didukung oleh kesekretariatan dan Meja layanan informasi untuk PPID SKPD.

B.         Meja Informasi Publik

PPID Kabupaten Lombok Barat wajib menyediakan Meja layanan informasi untuk

memenuhi dan melayani permintaan dan kebutuhan pemohon/ pengguna informasi publik.

C.         Waktu Pelayanan Informasi

PPID Kabupaten Lombok Barat menetapkan waktu pemberian pelayanan informasi publik pada

hari Kerja:

1.      Senin s/d Kamis: 08.00- 13.30 wita

2.      Jumat :    08.00 - 11.00 wita

D.        Mekanisme Permohonan Informasi Publik

a.          Pemohon informasi mendatangi meja layanan informasi yang berada di PPID Kabupaten Lombok Barat atau PPID SKPD dan mengisi formulir permintaan informasi dengan melampirkan fotocopy kartu identitas diri pemohon dan atau pengguna informasi.

b.         Petugas memberikan tanda bukti penerimaan permohonan informasi publik kepada pemohon informasi publik. Form tanda bukti permohonan informasi publik terdapat dalam lampiran II keputusan ini

c.          Petugas memproses permintaan pemohon informasi publik sesuai dengan formulir permintaan informasi yang telah ditandatangani oleh pemohon informasi publik.

d.         Petugas memenuhi permintaan informasi sesuai dengan yang diminta oleh pemohon. Apabila informasi yang diminta masuk dalam kategori dikecualikan, Sekretariat PPID Kabupaten Lombok Barat atau PPID SKPD menyampaikan alasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

e.         Petugas memberikan Tanda Bukti Penyerahan Informasi Publik kepada Pemohon Informasi Publik, sebagaimana terdapat dalam lampiran III keputusan ini.

E.       Jangka Waktu Pemenuhan Permintaan Informasi

a.          Proses penyelesaian untuk memenuhi permintaan pemohon informasi publik dilakukan setelah pemohon informasi publik memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

b.         Waktu penyelesaian dilaksanakan paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja sejak permohonan diterima oleh PPID Kabupaten Lombok Barat. PPID Kabupaten Lombok Barat wajib menanggapi permintaan informasi melalui pemberitahuan tertulis. Pemberitahuan ini meliputi permintaan informasi diterima, permintaan informasi ditolak, dan perpanjangan waktu pemberitahuan permohonan diterima atau ditolak.

c.          Jika PPID Kabupaten Lombok Barat membutuhkan perpanjangan waktu, maka selambat- lambatnya 7 (tujuh) hari kerja sejak tanggapan pertama diberikan.

d.         Jika permohonan informasi diterima, maka dalam surat pemberitahuan juga dicantumkan materi informasi yang diberikan, format informasi, apakah dalam bentuk soft copy atau data tertulis. Bila permintaan informasi ditolak, maka dalam surat pemberitahuan dicantumkan alasan penolakan.

F.   Biaya

PPID Kabupaten Lombok Barat dalam memberikan pelayanan informasi publik tidak memungut biaya. Apabila dibutuhkan penggandaan atau perekaman, pemohon informasi menyediakan sendiri media yang dibutuhkan.


PPID KABUPATEN LOMBOK BARAT

Sekretariat

Pejabat anggota Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Lombok Barat menyediakan akses informasi publik bagi pemohon informasi sebagai salah satu wujud pelaksanaan keterbukaan informasi publik.

Link Terkait