LAPORAN PPID KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN 2014 (II)

BAGIAN   III

PERKEMBANGAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK

 

1.   Jumlah Permohonan informasi publik 

Pemohon Informasi Publik di PPID Utama, SKPD dan UPT cukub banyak. Permohonan di PPID Utama untuk tahun 2014 mengalmi penurunan dari tahun 2013 dimana pada tahun 2014 terdapat hanya 1 perohonan melalui PPID Utama. Namun setelah dikumpulkan laporan tahunan dari PPID SKPD ternyataa banyak sekali pemohonan informasi yang di terima dan dilaksanakan seperti terlihat dalam table berikut ini :



BAGIAN  IV

RINCIAN SENGKETA INFORMASI PUBLIK 
 
Pelaksanaan pelayanan informasi Publik pada PPID Utama dan seluah SKPD Kabupaten  Lombok Barat  Tahun  2014,  belum  ada  sengketa  terhadap informasi publik.  Seluruh  permintaan  terhadap  informasi  maupun  dokumentasi, sepanjang  tersedia  dapat  dipenuhi  sesegera  mungkin  dan  dalam  waktu kurang  dari  10 hari dan hanya 8 permintaan saja yang melebihi dari 10 hari.

BAGIAN  V
KENDALA INTERNAL DAN EKTERNAL DALAM PELAKSANAAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK 

A.    Kendala Internal
Kendala internal dalam pelayanan informasi public di Kabupaten Lombok Barat  antara lain adalah :
1.    Belum semua pengurus PPID termasuk di SKPD paham tentang PPID akibat dari mutasi dan atau penugasan baru.
2.    Belum semua PPID SKPD menganggarkan padahal tahun 2015 PPID sudah masuk di RPJMD
3.    Kompetensi Petugas PPID belum memadai
4.    Belum adanya pejabat Fungsional yang membantu petugas PPID
5.    Sekretariat PPID Utama belum ada berikut staf secretariat.
6.    SIPP PPID masih di kembangkan.  Masih ada fitur dan katagori yang belum terisi sesuai dengan peraturan yang berlaku.
7.    Sarana Prasarana penunjang masih kurang. Sekalipun belum merupakan suatu kendala yang berarti namun sarana prasarana terus akan ditingkatkan sebanding dengan banyaknya tugas PPID baik di PPID utama, SKPD mapun di UTP.

 
B.    Kendala Ekternal
Adapun kendala ekternal tidak terlalu banyak kendala. Hanya masyarakat belum familier untuk meminta informasi.  Masyarakat yang meminta informasi sering langsung ke PPID SKPD mapun ke UPT.  Permintaan informasi itu karena lebih cepat dapat karena langsung ke narasumbernya.


BAGIAN  VI
REKOMENDASI DAN RENCA TINDAK LANJUT UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN INFORMASI  

Rencana tindak lanjut atau progress kegiatan yang akan dialakukan dalam menerapkan Keterbukaan informasi public di Kabupaten Lombok Barat adalah :
1.    Peningkatan Pemahaman tentang PPID melalui sosialisasi, pelatihan dan atau sejenisnya
2.    Meningkatkan Anggaran PPID terutama pada PPID SKPD dan UPT
3.    Meningkatkan Pertemuan Pengurus PPID dalam rangka Sinkronisasi Kegiatan
4.    Mengaftifkan SIP PPID untuk meningkatkan dan memudahkan pelayannan PPID
5.    Mengangkat Pejabat Fungsional untuk membantu petugas PPID
6.    Membangun Gedung Sekretariat PPID sehingga pelayanan informasi dapat bejalan lancer dan PPID menjadi familier.

Demikian laporan ini unuk maklum dan atas perhatian serta kerjasama yang baik ini kami sampaikan terima kasih.

Pejabat anggota Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Lombok Barat menyediakan akses informasi publik bagi pemohon informasi sebagai salah satu wujud pelaksanaan keterbukaan informasi publik.

Link Terkait