Penyusunan Daftar Informasi Publik (DIP)

DIP adalah hasil dari kegiatan klasifikasi informasi. Alur Penyusunan DIP di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat dapat digambarkan sebagai berikut:


a. Mengirimkan Form Daftar Informasi Publik PPID Kabupaten Lombok Barat mengirimkan Form Daftar Informasi Publik kepada PPID SKPD dan/atau pejabat fungsional pada satuan kerja dan unit pelaksana teknis.
b. Melengkapi Form Daftar Informasi Publik PPID SKPD dan/atau pejabat fungsional mengisi atau melengkapi isian Form Daftar Informasi Publik.
c. Pengembalian Form Daftar Informasi Publik PPID SKPD dan/atau pejabat fungsional mengirimkan kembali Form Daftar Informasi Publik yang telah dilengkapi kepada PPID Kabupaten. Pengiriman kembali itu dapat dilakukan, sebagaimana pengirimannya kepada PPID SKPD dan/atau pejabat fungsional, secara manual maupun elektronik.
d. Verifikasi Form Daftar Informasi Publik PPID Kabupaten melakukan verifikasi terhadap Form Daftar Informasi Publik yang berasal dari PPID SKPD dan/atau pejabat fungsional. Verifikasi dilakukan oleh PPID Kabupaten, mengacu kepada UU KIP dan Perki Nomor 1 Tahun 2010, dan dengan melibatkan pihak-pihak terkait, seperti Kepala PPID SKPD, dan dapat juga melibatkan Tim Pertimbangan
pelayanan Informasi.

  • Verifikasi dilakukan oleh PPID Kabupaten Lombok Barat dengan sesuai ketentuan perundangan, UU KIP, Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 dan melibatkan pihak-pihak terkait seperti kepala PPID SKPD, Bagianhukum dan Tim Pertimbangan pelayanan informasi terkait.
  • Verifikasi dilakukan juga menyangkut informasi yang dikategorikan sebagai informasi yang dikecualikan oleh PPID SKPD. Dalam tahap ini PPID Kabupaten Lombok Barat melakukan uji konsekuensi terhadap informasi yang dikategorikan sebagai informasi yang dikecualikan tersebut.

e. Penetapan Daftar Informasi Publik Verifikasi yang dilakukan oleh PPID Kabupaten Lombok Barat terhadap usulan Daftar Informasi Publik dari PPID SKPD dan/atau pejabat fungsional akan ditetapkan oleh PPID Kabupaten, melalui surat penetapan DIP, dengan persetujuan dari Sekretaris Daerah sebagai Atasan PPID Kabupaten Lombok Barat, sebagai Daftar Informasi Publik di lingkungan
Pemerintah Kabupaten Lombok Barat.
f. Pengiriman Daftar Informasi Publik  PPID Kabupaten Lombok Barat mengirimkan Daftar Informasi Publik kepada PPID SKPD dan seluruh unit kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat. Hasil penetapan Daftar Informasi Publik tersebut dikirim oleh PPID Kabupaten Lombok Barat kepada PPID SKPD dan/atau pejabat fungsional di seluruh unit kerja, baik berupa satuan kerja maupun unit pelaksana teknis, dalam lingkungan badan publik yang bersangkutan.
g. Format form daftar Informasi Publik sebagaimana yang dimaksud pada  huruf a terdapat dalam lampiran 1 keputusan ini

Pejabat anggota Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Lombok Barat menyediakan akses informasi publik bagi pemohon informasi sebagai salah satu wujud pelaksanaan keterbukaan informasi publik.

Link Terkait