2667 Informasi Berkala
140 Seta Merta

Profil Singkat PPID

Profil PPID Kabupaten Lobok Barat

Tahun 2018

 

Memenuhi hak masyarakat untuk tahu yang diiplementasikan dengan terbitnya Undag undang  No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Kabupaten Lombok Barat telah membentuk dan mengaktifkan Pejabat Pengelola Inforasi dan Dokumentasi (PPID).

PPID Utama Kabupaten Lombok Barat untuk pertama kali di bentuk dengan Surat Keputusan Bupati Lombok Barat No. 820/29A/DISHUBKOINFO/2013 tanggal 16 Januari 2013. PPID Utama Kabupaten Lombok Barat dinamakan PPID Kabupaten sementara PPID Pembantu di setiap SKPD dinamakan PPID SKP yang pembentukannya berdasarkan Surat Keputusan Kepala SKPD masing-masing. Setiap tahun SK pembentukan PPID di terbitkan guna memastikan anggaran yang akan di kelola, sehingga untuk tahun 2018 PPID Lombok Barat di tetapkan dengan SK Bupati Lombok Barat No. 110/191/Diskominfo/2018.

PPID Kabupaten berpedoman berdasarkan Peraturan Bupati Lobok Barat No. 2 Tahun 2013 tentang Pedoman Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi di Lingkup Pemerintahan Kabupaten Lobok Barat tanggal 10 Januari 2013.

Dalam melaksanakan tugasnya PPID Kabupaten Lombok Barat dilengkapi dengan Sistim Operasinal Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan dengan Surat Keputusan Atasan PPID Kabupaten yaitu Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Barat No. 33/1651/DISHUBKOMINFO/ 2013 Tentang Standar Operasional Prosedur Pelayanan Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat Tanggal 25 September 2013.

 

Komitmen Pemerintah Kabupaten Lombok Barat tentang keterbukaan informasi publik maka, maka regulasinya ditingkatkan menjadi Peraturan Daerah.  Peraturan daerah itu terbit dan ditetapkan merupakan Hak Inisiatif dari DPRD Kabupaten Lombok Barat yaitu PERDA NOMOR 2 TAHUN 2017 TENTANG KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK.

Mengembangkan tugas fungsinya, juga telah menerbitkan  PERBUP NO. 5 TAHUN 2017 TENTANG METODE DAN TEKNIS EVALUASI KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK.

PPID Kabupaten Lobok Barat dalam kesehariannya berkantor di Dinas Perhubungan Komuunikasi dan Informatika Kabupaten Lombok Barat Jalan TGH Lopan No.    Labuapi – Lombok Barat  Telpon No. (0370) 638433 Fax (0370) 623750 email : ikplobarkab@gmail.com. Namun kantor tersebut pindah pada tahun 2015 ke pusat kota Lombok Barat yaitu di Gerung, maka kantor PPID Lombok Barat berada di jalan Soekarno Hatta Gerung.

 

Berdasarkan PP 18 Tahun 2016 Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lombok Barat dipisah maka PPID Utama Lombok Barat berada di Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Lombok Barat berkantor di Gedung Sekretariat Kantor Bupati Lombok Barat Jalan Soekarno Hatta No. 1 Giri Menang- Gerung.

 

Oleh sebab benana gempa bumi yang terjadi dari 5 Agustus 2018, Gedung Sekretariat Bupati Lombok Barat mengalami kerusakan, sehingga Dinas Kominfo harus pindah lagi. Kini berlokasi di Aula Dinas Pemuda dan Olahraga. Saat ini PPID Lombok Barat berkantor di Jalan Penas IX No.____ Gerung – Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kode Pos 83363  website: ppid.lombokbaratkab.go.id  email: kominfo@lombokbaratkab.go.id

 

PPID Kabupaten Lombok Barat mempunyai Ruang Pelayanan Inforasi Jalan Soekarno Hatta No. 1 Giri Menang Gerung. Sedangkan Sekretariat yang bergabung dengan Bidang Inforasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Lombok Barat di jalan Penas IX No. ____ Gerung.

 

Sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Lombok Barat No.   110/191/Diskominfo/2018   Pengurus PPID Kabupaten Lombok Barat Tahun 2018  Tentang  Tembentukan Tim  Pengelola Layanan Informasi dan Dokumentasi (PLID) Kabupaten Lombok Barat Tahun 2018 adalah :

 

SUSUNAN TIM PENGELOLA LAYANAN INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PLID)

KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN 2018

NO

JABATAN/INSTANSI

KEDUDUKAN DALAM PLID

1

Bupati Lombok Barat

Pembina/Pelindung

2

Sekretaris Daerah Lombok Barat

Penanggung Jawab

3

a.   Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat .

b.   Asisten Bidang Ekonomian dan Pembangunan.

c.    Asisten Bidang Administrasi Umum

d.   Staf Ahli Bupati Bidang Administrasi Umum dan Kesra.

Pengarah

4

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Lombok Barat

Ketua

5

Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Lombok Barat

Sekretaris

6.

 

Kabid Informasi dan Komunikasi Publik pada Diskominfo dan Statistik

 

Kasi Pelayanan Informasi Publik pada Diskominfo dan statistik

 

Kasubbag. Perogram pada Diskominfo dan Statistik

 

Kasi Penelitian dan Pengembangan Aplikasi pada Diskominfo dan Statistik

 

Pelaksana pada Kasubbag. Keuangan Diskominfo dan statistik

Koordinator Bidang Pendukung Sekretariat PLID Lombok Barat

 

Wakil Koordinator

 

 

Anggota

 

 

Anggota

 

 

Anggota

 

7.

Kabid. Data Informasi dan Statistik pada Diskominfo dan Statistik

 

Kasi Kemitraan Komunikasi Publik pada Diskominfo dan Statistik

 

Kasi Analisis Informasi dan Opini Publik pada Diskominfo dan Statistik

 

Kasubbag Protokol Setda Lombok Barat

 

Pelaksana pada Seksi Kemitraan Diskominfo dan Statistik

Koordinator Bidang Pengolahan Data dan Klasifikasi Informasi

 

Wakil Koordinator

 

 

Anggota

 

 

Anggota

 

Anggota

 

8.

Kabid. Penelitian dan Perencanaan pada Bappeda Lobar

 

Kabid. Pengelolaan Keuangan pada DPKAD

 

Kepala Seksi Pengelolaan Kelompok Komunikasi Publik pada Diskominfo dan Statistik

 

Pelaksana pada Kasubbag Umum dan Kepegawaian pada Diskominfo dan Statstik

 

Pelaksana pada Seksi Seksi Pengelolaan Kelompok Komunikasi Publik pada Diskominfo dan Statistik

 

Koordinator Bidang Pelayanan Informasi dan Dokumentasi

 

Wakil Koordinator

 

 

Anggota

 

 

 

Anggota

 

 

 

Anggota

9.

Kabag.Hukum dan Perundang-undangan Setda Lobar

 

Kasubag. Pengkajian dan Dokumentasi Hukum Bagian Hukum Setda Lobar

 

Kepala Seksi Jaringan dan Teknologi Informatika pada Diskominfo dan Statistik

 

Pelaksana pada Kasubbag. Keuangan Diskominfo dan statistik

 

Pelaksana pada Seksi Penlayanan Informasi Publik Diskominfo dan Statistik

Koordinator Bidang Fasilitasi Penyelesaian Sengketa Informasi

 

Wakil Koordinator

 

Anggota

 

 

 

Anggota

 

 

Anggota

 

 

 

 



Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Lombok Barat menyediakan akses informasi publik bagi pemohon informasi sebagai salah satu wujud pelaksanaan keterbukaan informasi publik.

Link Terkait